Konsep Mengenai Demokrasi

Posted on October 21st, 2009. Written by Mohamad Iqbal.

demokrasiKita mengenal bermacam-macam istilah demokrasi. Ada yang dinamakan semokrasi konstitusional, demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin, demokrasi pancasila, demokrasi rakyat, demokrasi soviet, demokrasi nasional, dsb.

Semua konsep ini memakai istilah demokrasi, yang menurut asal kata berarti “Rakyat Berkuasa” atau “goverment or rule by the people”. (Kaya Yunani Demos berarti, kratos/kratein berarti kekerasan/kekuasaan).

Tetapi diantara sekian banyak aliran pikiran yang dinamakan demokrasi ada dua kelompok aliran yang paling penting, yaitu demokrasi konstitional dan satu kelompok aliran yang menamakan dirinya “demokrasi”, tetapi pada hakekatnya mendasarkan dirinya atas komunisme.

Kedua kelompok aliran demokrasi mula-mula berasal  dari eropa, tetapi sesudah perang dunia II nampaknya juga di dukung oleh beberapa Negara baru di asia. India, pakistan, Filiphina, dan Indonesia mencita-citakan demokrasi konstitional, sekalipun terdapat bemacam-macam bentuk pemerintahan maupun gaya hidup dalam  negara-negara tersebut. Dilain pihak ada negara-negara baru di asia yang mendasarkan diri atas azas-azas komunisme, yaitu RRC, Korea utara, dsb.

Demokrasi yang dianut di indonesia, yaitu demokrasi berdasarkan pancila, masih dalam taraf perkembangan dan mengenai sifat-sifat dan ciri-cirinya terdapat berbagai tafsiran  serta pandangan undang-undang dasar kita menyebut sercara ekspisit dua prinsip yang menjiwai naskah itu, dan yang  dicantumkan dalam penjelasan mengenai sistem pemerintahan negara yaitu :

1. Indonesia ialah negara yang berdasarkan  atas hukum. Negara indonesia berdasarkan atas hukum, tidak berdasarkan atas hukum. tidak berdasarkan kekuasaan belaka.

2. Sistem Konstitional.

3. Pemerintahan berdasarkan atas sistem konstitusi(hukum dasar), tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang tidak terbatas). Berdasarkan dua istilah tersebut, maka jelaslah bahwa demokrasi yang menjadi dasar dari undung-undang dasar 1945, ialah demokrasi indonesia, yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, dimuat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar.

Ciri Khas dari demokrasi konstitusional adalah gagasan bahwa pemerintah yang demokrasi adalah pemerintah yang terbatas kekuasaanya dan tidak dibenarkan bertindak sewenang-wenang terhadap warga negara negaranya. Pembatasan-pembatasan atas kekuasaan pemerintah tercantum dalam konstitusi; maka dari itu sering disebut “Pemerintah bedasarkan Konstitusi”/

Pada waktu demokrasi konstituasional muncul sebagai suatu program dan sistem politik yang kongkrit, yaitu pada akhir abad ke-19, di anggap bahwa pembatasan atas kekuasaan Negara sebaiknya diselenggarakan dengan suatu konstitusi tertulis, yang dengan menjamin hak-hak azasi warga negara.

Referensi : Modul Kuliah PKN oleh Ibu Dewi

This entry was posted on Wednesday, October 21st, 2009 at 9:38 am and is filed under Sosial & Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site. You can leave a response, or trackback from your own site.

Mohamad Iqbal

Mahasiswa aktif jurusan Manajemen Informatika UNIKOM dan juga Microsoft Student Partner. Founder dari berbagai blog network seperti Perpus Online, Materi Kuliah, Dunia Banten, dan juga portal komunitas Indoblogger. Iqbal mempunyai expertise dibidang network security, web/blog platform dan server.

18 Responses »

  1. susah ea hidup sesuai pancasila… :?

    [Reply]

    admin Reply:

    hehehe, sulit banget.. :D

    [Reply]

    Annisa Reply:

    sebenarnya..tidak juga.. klau kita jalanin.. malah jd enakk… :)

    [Reply]

  2. sbenary wajib cy….
    tpe…..cucah jga ywuaaah……

    [Reply]

  3. okelah kalo begitu indonesia… go indonesia go… i love yu ful . . . ! !

    [Reply]

  4. okelah kalo begitu indonesia… go indonesia go… i love yu fulll . . . ! ! 8) 8) 8)

    [Reply]

  5. mw tanya nich :
    pandangan Marx yang mana saja yach yang bertentangan dengan Pancasila?

    Makasih….

    [Reply]

  6. Untuk koleksi skripsi semua fakultas dan jurusan dapat rekan-rekan download di sini: http://KARYASKRIPSI.COM

    Trims…

    [Reply]

  7. mdd bingung ka sodara kuk semua karna ada pr kuk yg soalnya CITA-CITA PANCASIALA SEBAGAI IDIOLOGI NEGARA….baru bukan itu yang ku tuju mdd

    [Reply]

    Dani Taufani Reply:

    Maksudnya gimana ya?

    [Reply]

  8. pancasila memiliki berbagai arti dan makna yang sebenarnya sudah mncerminkan bangsa indonesia ini sendiri…
    karna itu kita jangan memandang remeh pancasila…
    memang terdengar sederhana tapi sudah cukup untuk mewakili indonesia…

    [Reply]

    Dani Taufani Reply:

    Setuju dengan mbak marsela :)

    [Reply]

  9. Aqhue bngga jd anx indoNesia. .
    Is the best indonesia. . .
    Love 1/2 mti mha indonesia

    [Reply]

  10. I LOVE INDONESIA
    q bangga jd anak indonesia
    AKU CINTA INDONESIA 100% ASLI

    [Reply]

  11. bangga jadi anak indonesia :*

    [Reply]

  12. Kapan yah indonesia ngga ada yg korupsi lagi??? :$

    [Reply]

  13. ANNEYONG HASSEO
    KU DOAKAN SEMOGA INDONESIA TAMBAH MAJU.
    TERUS LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA YG LAINNYA
    BAIK YG SUDAH DI KENAL MAUPUN BELUM
    SUPAYA DI KENAL DI SELURUH DUNIA :)
    KAMSAMIDA

    [Reply]

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons nartzco

Search